RESEP DAN CARA MEMBUAT SOTO BETAWI

RESEP MASAKAN – Pertama artikel yang ingin saya sampaikan di forum ini adalah “Soto Khas Betawi”, alasan saya ingin menulis artikel ini karena pertaman saya mencicipi masakan yang sebenarnya menurut saya karena asal saya orang jawa jadi yang namanya soto itu ya kuah bening seperti “soto ayam”, namun ternyata ada jenis soto lain yang rasanya ternyata sangat menarik minat lidah untuk selalu menyantap masakan ini.

Telah banyak artikel yang memuat tentang resep dan tatacara membuat soto betawi, namun barangkali untuk ini agak sedikit berbeda dengan yang lainnya dan masing-masing memiliki keunikan rasa khas tersendiri karena “Beda Tangan Beda Pula Rasa Olahannya” itulah istilah yang sering dilontarkan oleh banyak ibu-ibu rumah tangga.

Adapun Resep dan Cara Membuat Soto Betawi adalah sebagai berikut:  

Bahan-bahan :
½ kg daging sapi (boleh murni daging atau bisa juga dengan tetelan dan yang lainnya)
½ butir kelapa tua yang sudah diambil santannya
3 buah kentang rebus yang sudah dikupas kulitnya
5 cm lengkuas (laos)
1 batang sereh
5 lembar daun jeruk purut

Bumbu yang dihaluskan:
5-6 siung bawang merah
3-4 siung bawang putih
5-6 buah kemiri
2 cm kunyit
2-3 cm jahe
Garam dan jahe secukupnya

Pelengkap:
2 buah tomat buah yang masih orange
1 batang daun bawang diiris kecil-kecil
Bawang goring
Jeruk nipis diperas, secukupnya

Cara Membuat Soto Betawi:
Rebus daging sapi dalam 2 lt air sampai empuk, lalu tiriskan dan sisihkan kaldunya. Panaskan sedikit minyak dengan api kecil, kemudian tumis bumbu yang telah dihaluskan sampai beraroma harum. emudian aduk hingga tercampur, lalu tambahkan lengkuas yang sudah digeprak, daun jeruk, sereh yang sudah digeprak, dan garam dan juga gula secukupnya. Masukkan bumbu yang sudah matang tersebut ke dalam kaldu. Kemudian tambahkan santan kental dan boleh juga ditambahkan dengan sedikit santan encernya dan jika minat tambahkan penyedap cukup sedikit saja.

Cara penyajian:
Siapkan mangkuk, masukkan kentang rebus iris, tomat iris dan daging yang sudah dipotong-potong lalu siram dengan kuah soto kondisi panas kemudian taburi daun bawang yang sudah dipotong kecil-kecil, bawang goreng, berikan perasan irisan jeruk nipis sesuai dengan porsi dan seleranya. Sebagai pelngkap lebih sedap jika ditambah dengan emping melinjo.
 
Sambal soto betawi:
5-10 buah cabe merah besar di goreng, haluskan cabe merah tersebut kemudian beri sedikit garam dan tambahkan sedikit kuah soto.

Semoga bermanfaat !