RESEP DAN CARA MEMBUAT GULAI KAMBING PRAKTIS

RESEP MASAKAN PO’ KIKI –Tidak asing lagi terdengar di telinga tentang menu masakan yang satu ini dan hampir setiap orang menyukainya dan juga pernah mencicipinya, tak terkecuali bagi yang memiliki penyakit asam urat, darah tinggi, dan penyakit-penyakit lain yang sebenarnya disarakan tidak terlalu banyak mengkonsumsi makanan tersebut. Akan tetapi hati-hati bagi anda dan keluarga anda yang memiliki penyakit tersebut karena sangatlah memiliki efek yang kurang bagus jika makanan ini sering dikonsumsi oleh orang yang memiliki penyakit-penyakti tersebut. Boleh lah kalo hanya sekedar mencicipi dan awas jangan terlalu sering demi kesehatan anda dan keluarga anda.

Bagi yang penasaran dan ingin tahu apa sih Resep dan Cara Membuat Gulai Kambing ini, berikut resep dan caranya:

Bahan-bahan:

ü  ¾ kg daging kambing, potong sesuai selera
ü  ½ l santan kental kelapa tua
ü  3-4 cm kayu manis
ü  3 butir buah cengkeh kering
ü  2 buah asam kandis
ü  3 cm lengkuas, digeprak
ü  2 sendok teh merica bubuk
ü  1,5 sendok makan garam atau sesuai selera
ü  1 sendok makan gula pasir atau sesuai selera

Bumbu yang dihaluskan:

ü  7 buah cabai merah (boleh lebih jika ingin lebih pedas)
ü  12 butir bawang merah
ü  4 siung bawang putih
ü  1/2 sendok teh jintan
ü  1/2 sendok makan ketumbar yang sudah disangrai
ü  2 cm kunyit
ü  3 cm jahe
ü  3 cm kencur

atau kalo tidak mau report bisa juga beli Bumbu Gulai Kambing lengkap di tukang bumbu di pasar-pasar tradisional (alternatif) :)  

Cara membuat Gulai Kambing:

Tumis bumbu yang sudah dihaluskan pada minyak goreng yang sudah dipanaskan dengan api kecil hingga harum, lalu masukkan lengkuas sambil diaduk-aduk. Panaskan api kembali, terus masukkan daging yang sudah dipotong-potong, aduk hingga berubah warna, lalu masukkan santan kental dan masak hingga mendidih, tambahkan cengkeh, kayu manis, asam kandis, garam, merica bubuk dan gula pasir dan masak hingga daging empuk dan kuah sedikit susut.

Selamat mencoba !
Salam

Resep Masakan Po’ Kiki